April 27, 2008

Antena Fractal

Fractal merupakan antena yang dirancangan dengan bentuk geometri yang komplek dimana bentuk tersebut tersusun dari bentuk geometri yang sama, hanya saja dalam ukuran skala yang berbeda – beda, disebut sebagai ‘self-similar’ atau ‘self-symetric’. Selain bentuk geometri, rancangan tersebut dapat juga berupa pola – pola yang selalu berulang, biasanya hal ini disebut ‘initiator’ or ‘generator’.

Struktur matematika yang merupakan suatu bentuk fractal diantaranya adalah Sierpienski’s gasket, Cantor’s comb, von Korch’s snowflake, the Mandelbrot set, the Lorentz attractor, dsb. Fractal juga bisa dideskripsikan pada benda – benda di alam ini seperti awan, gunung, pesisir pantai dan lain – lain, dimana mereka tidak identik dengan bentuk sederhana bangun geometri.

Antena Fractal
Antena fractal memanfaatkan prinsip pengulangan bentuk geometri atau pola – pola tertentu dalam ukuran skala yang berbeda sehigga dapat meradiasikan energi elektromagnetik ke udara, atau juga sebaliknya dapat mengumpulkan energi elektromagnetik di udara.

Antena Fractal 4 Band Antena Fractal 4 Band dengan frekuensi yang berbeda.

No comments:

Post a Comment

Type your comment in here